Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

TERMINOLOGI FOOD (MID)

Assalamualaikum...

1. Sop Kacang Merah
Image result for Sup Kacang Merah

Sup kacang merah ini biasanya ditemukan di Belanda dan Indonesia Timur, lebih sering dikaitkan dengan masakan Ambon di Kepulauan Maluku. Supnya terbuat dari kacang merah dengan sayuran yang disajikan dalam kaldu yang dibumbui dengan bawang putih, lada, dan bumbu lainnya. Hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda terhadap Indonesia kolonial yang diadopsi oleh orang-orang provinsi-provinsi bagian timur.

2. Broiche 
Image result for Brioche

Roti Brioche mrupakan roti khas Perancis yang memiliki cita rasa  yang sedikit berbeda dengan roti manis biasa. Di Brioche, anda juga bisa menikmati cita rasa khas Crouqe Doree (semacam pizza) dan paninni (roti panggang dengan bentuk yang lebih kecil). Dulu filling Brioche hanya terbatas pada coklat, ayam atau ikan. Sekarang anda bisa memesan Brioche dengan filling sayuran, paprika atau smoke beef.

3. Bake Of Potato
Image result for Bake Of Potato

Bake of Potato atau Kentang bakar, ialah kentang yang telah dibakar untuk makan. Apabila dimasak dengan baik, kentang yang dibakar mempunyai dalaman yang lembut dan kulit yang rangup. Ia boleh disajikan dengan inti dan perasa seperti mentegakeju atau ham. Kentang boleh dibakar di dalam gas konvensional atau ketuhar elektrik, perolakan ketuhar, yang microwave oven, pada barbeku grill, atau pada/dalam api terbuka. Beberapa restoran menggunakan ketuhar khas yang direka khusus untuk memasak sejumlah besar kentang, kemudian memastikan mereka panas dan bersedia untuk dihidangkan.
Sebelum dimasak, kentang perlu digosok bersih, dibasuh dan dikeringkan dengan mata dan kecacatan permukaan dikeluarkan, dan disalut dengan minyak (biasanya minyak zaitun) atau mentega dan/atau garam.

Sesetengah orang bakar kentang mereka dan kemudian mengaut keluar isi dalaman, meninggalkan kulit seperti cangkerang. Isi dalaman yang putih boleh dicampur dengan berbagai makanan lain seperti kejumentega, atau cebisan bakon. Campuran ini kemudiannya disumbat kembali ke dalam cengkerang kulit dan ia diletakkan semula ke dalam ketuhar untuk memanaskan kembali. Di Amerika ini dikenali dengan pelbagai sebagai kulit kentang sumbat, kentang diisi dan dibakar dua kali. Di Great Britain, hias atas atau inti cenderung untuk menjadi lebih pelbagai daripada mereka di Amerika: kacang panggang, kari ayam, tuna, dan inti udang yang popular, dan di Scotland walaupun Haggis digunakan sebagai inti yang untuk kentang jaket.

4. Custard Cream
Image result for Custard Cream

Custard ditemukan pada abad ke-19 di Amerika dan menyatu dengan pudding. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang dibuat dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam menciptakan beberapa hidangan berbasis telur, seperti omelet atau crustades. Pada saat itu custard bisa dimakan lansung atau digunakan sebagai isian pie, tart, atau roti.

5.  Mie

Image result for mie

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arabtelah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, meskipun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.

6. SOUFFLE
Image result for SOUFFLE
Soufflé adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Dalam Bahasa Perancis, kata soufflé adalah bentuk lampau dari souffler yang berarti memompa, persis seperti bagian atasnya yang menggembung.
Soufflé berbentuk silinder dan berwarna putih kekuningan hingga cokelat. Cake ini bisa disajikan sebagai menu utama yang gurih asin, namun bisa juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, berry, cokelat, pisang, dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada soufflé 
(source : https://m.detik.com/food/info-kuliner/d-1937914/souffle-si-balon-yang-lembut-manis-gurih)

7. JALANGKOTE

Image result for JALANGKOTE
Jalangkote adalah makanan ringan  kulinerkhas Makassar yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Bedanya kue pastelmemiliki kulit yang lebih  tebal  dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair  campuran  cuka dan cabe. Jalangkote memiliki  isi wortel dan kentang yang dipotong  dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. Beberapa jalangkote menambahkan  seperempat. atau  setengah telur  rebus dandaging cincang untuk isinya.  Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam.     

8. MUFFIN
Image result for MUFFIN
Muffin merupakan kue khas negeri  Inggrisdan lahir pada zaman  Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang kelilingdengan diletakkan di nampan diatas kepala. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan rotiyang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.Cara makannya pun unik, harus disobek dulu dan diberi olesan  mentega kemudian dipanggang lagi. Agar citarasanya lebih bervariasi,permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri.  Amerika juga punya muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dengan proses dipanggang. Bahan utama tepung biasanya dapat diganti dengan tepung jagung.

9. MAYONAISE SAUCE

Image result for MAYONNAISE SAUCE
Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

10. Pizza


Piza (atau pizza) adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau "keju pizza".

Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.

Rotinya biasa dibuat seperti roti biasa namun bisa diberi rasa tambahan dengan mentega, bawang putih, tanaman herbal, atau wijen. Pizza biasanya dimakan selagi panas (biasanya untuk makan siang dan malam), tetapi ada pula yang disajikan dingin, biasanya dimakan untuk sarapan atau saat piknik.

Pizza biasanya dimakan di restoran, dibeli di pasar grosir atau supermarket, dan dapat pula dipesan melalui telepon atau ini melalui webuntuk diantar, panas dan siap untuk disantap di rumah.

Kata "pizza" diambil dari bahasa Italia pizza(Alfabet Fonetik Internasional / International Phonetic Alphabet, IPA: [ˈpiːtsə]), biasanya berarti "pai, kue, tart". Banyak yang salah mengira bahwa pizza berasal dari kata Italia yang berarti phai (pie).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik