Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

Food Inggredients

Assalamualaikum...

1. BAWANG BOMBAI (ONION)



Bawang bombai (Latin: Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal.
            Bawang bombai biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya. Disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

Asal Usul Bawang Bombai
            Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai diPadang, tetapi terhitung gagal. Tanah yang lebih cocok ditengarai di Karo karena terbukti hasilnya sangat memuaskan. Penggunaannya di Indonesia pada awalnya populer dipakai pada masakan Cina dan Eropa, namun belakangan banyak makanan Indonesia yang mempergunakannya.
  
Karakteristik Bawang Bombai
            Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang (±10c), daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.
            Pada bagian pangkal umbi terdapat batang rudimenter yang menyerupai cakram yang merupakan bawang yang sebenarnya. Bunganya majemuk dan berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai bunga besar, kuat serta besar di bagian bawah. Pada ujung tangkai bunga kadang-kadang berbentuk umbi-umbi kecil yang dapat juga dimanfaatkan sebagai bibit. Bunga bawang bombai dapat juga berbentuk biji yang cukup dengan warna hitam.


Manfaat Bawang Bombai
            Kandungan nutrisi dalam bawang dapat dilihat dan dibandingkan dengan bawang merah biasa dan bawang putih pada tabel.



            Penggunaan terbesar adalah untuk bahan dan bumbu masakan. Khasiat bawang bombai sangat banyak, yaitu antioksidan alami, mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya adalah memperkecil risiko penyakit degeneratif seperti kanker kolon. Bawang bombai juga dipakai secara umum untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernakan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan membunuh cacing dalam perut. Sifat senyawa bawang bombai bersifat hipolipidemik, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung dapat meningkatkan kadar kolesterol 'baik' sebesar 30%.Manfaat lainnya, dapat menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.



2. Tomat


Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.



History :
Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.



Manfaat :

1. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan

2. Membentuk otot

3. Mencegah kanker

4. Penangkal radikal bebas

5. Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat

6. Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi (Tekanan darah tinggi)

7. Menyehatkan mata

8. Membuat jantung bekerja stabil

9. Memenuhi kebutuhan vitamin harian

10. Mengontrol gula darah

Nutrisi :
Nutrisi di dalam satu porsi tomat mentah (satu Cangkir atau 150 gram) meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar dari kita tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga.
Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.




Sumber :
wikipedia
https://manfaat.co.id/manfaat-tomat



3. Strawberry



Stroberi atau tepatnya stroberi kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia.
Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

Sejarah Strawberry

Dalam sejarah Yunani kuno, buah yang satu ini diangkat resmi sebagai lambang dewi Cinta karena keberadaannya luar dalam. Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa, dan kebolehan buah ini. Sejak itulah buah ini menjadi terkenal. Dari segi fisiknya terbilang cantik, menggiurkan, feminin, sensitif dan manis, seperti layaknya seorang wanita. Maka, banyak orang menyebut buah strawberry dengan buah cinta. hmm…
Strawberry mulai di kenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Strawberry yang memerlukan temperatur  rendah untuk tumbuh dengan baik sangat cocok dengan daerah Rancabali, Bandung.. Strawberry yang banyak ditanam penduduk adalah Fragaria Nilgerrensis yang oleh warga setempat lebih dikenal dengan Strawberry Nyodo. Selain di daerah Jawa Barat, Strawberry juga mulai dibudidayakan di daerah Tawangmangu Kabupaten Karang Anyar, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu dan Bedugul (Bali).


Nutrisi Strawberry

Satu cangkir (144 g) stroberi mengandung sekitar 45 kalori (188 kJ) dan merupakan sumber vitamin C dan flavonoid yang baik.
Nutrien
Satuan
1 cangkir, penuh

144 g

Proksimasi

Air
g
132

Energi
kcal
43

Energi
kJ
181

Protein
g
0.88

Total lipid (lemak)
g
0.53

Karbohidrat, dengan perbedaan
g
10.1

Serat, total
g
3.3

Ash
g
0.62

Mineral

Kalsium, Ca
mg
20

Besi, Fe
mg
0.55

Magnesium, Mg
mg
14

Fosfor, P
mg
27

Kalium, K
mg
240

Sodium, Na
mg
1.44

Seng, Zn
mg
0.19

Tembaga, Cu
mg
0.07

Mangan, Mn
mg
0.42

Selenium, Se
µg
1.01

Vitamin

Vitamin C, ascorbic acid
mg
82

Thiamin
mg
0.03

Riboflavin
mg
0.1

Niacin
mg
0.33

Pantothenic acid
mg
0.49

Vitamin B-6
mg
0.09

Folate
µg
25

Vitamin B-12
µg
0

Vitamin A, IU
IU
39

Vitamin A, RE
µg RE
4.3

Vitamin E
mg ATE
0.20


Fungsi Strawberry

- Mencegah Kanker
- Kesehatan Mata
- Menjaga Kesehatan Tubuh
- Menjaga Sistem Kekebala Tubuh
- Menjaga Kesehanan Sistem Pencernaan

Karakteristik Strawberry

- Akarnya adalah akar serabut
- Batangnya pendek sehingga mirip tanaman perdu
- Daunnya majemuk dengan tepian bergerigi dan terdapat bulu-bulu halus
- Bunganya berwarna hijau dengan benang sari berwarna putih
- Buahnya berwarna merah terang apabila sudah masak,berbentuk lonjong agak bulat dan memiliki bintik-bintik putih dipermukaannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik