Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

Inggredients Food

Assalamualikum wr wb.

   1. Kaffir Lime Leaves / Daun Jeruk

Image result for gambar Daun Jeruk

History :
Ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara, dan Yunnan bagian barat. Lalu bagaimana akhirnya jeruk menyebar? Sekali lagi terima kasih kepada alam, tanpanya mungkin jeruk tak akan bisa kita nikmati. Penelitian yang dipublikasikan di Nature ini mengungkapkan jika hal ini dipicu adanya perubahan iklim yang terjadi 6-8 juta tahun lalu. Di masa itu, terjadi pelemahan muson yang berakibat pada cuaca kering. Hal ini menyebabkan perubahan besar yang memicu migrasi tanaman dan hewan dari daerah tersebut. "Ini pasti merupakan perubahan iklim dan habitat yang dramatis," kata Daniel Rokhsar, ahli genetika dari UC Berkeley. Baca juga : Buah dengan Kadar Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk Dari situlah cerita bermula, pohon jeruk menyebar dengan cepat ke Asia Tenggara hingga ke Australia sekitar 4 juta tahun yang lalu. Dari migrasi massal ini, akhirnya memunculkan banyak varietas buah seperti saat ini. Semisal jeruk pahit yang kulitnya digunakan untuk membuat selai adalah gabungan dua nenek moyang jeruk. Hal ini dimungkinkan terjadi karena jeruk beradaptasi dengan habitat yang berbeda-beda.
(source : https://sains.kompas.com/read/2018/02/19/204500223/dari-mana-asal-muasal-jeruk-ilmuwan-kini-ungkap-tempat-kelahirannya.)

Nutrient Content :

Serving Size:
leaf (0.2g grams)
Amount Per Serving
Calories from Fat 0.1
Calories 0.6
% Daily Value*
0%
Total Fat 0g grams
0%
Saturated Fat 0g grams
Trans Fat 0g grams
Polyunsaturated Fat 0g grams
Monounsaturated Fat 0g grams
0%
Cholesterol 0mg milligrams
0%
Sodium 0.1mg milligrams
0%
Potassium 1.1mg milligrams
0%
Total Carbohydrates 0.1g grams
0%
Dietary Fiber 0.1g grams
Protein 0g grams
0.3%
Vitamin A
0.2%
Vitamin C
0.1%
Calcium
0.5%
Iron
(source : https://www.nutritionix.com/food/kaffir-lime-leaves)

Function :
1. Mengatasi Influenza
Influenza, Flu, atau Pilek seringkali menyerang tubuh manusia, Terutama saat pergantian musim atau musim hujan seperti saat ini. Namun anda jangan khawatir, Bahwa hanya dengan memanfaatkan daun Jeruk Purut maka penyakit Flu yang anda derita akan bisa teratasi.
Cara menerapkannya, Cukup sediakan 20 lembar daun Jeruk Purut dan potonglah menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan daun Jeruk Purut selagi masih hangat. Anda bisa juga menambahkan madu pada air rebusan tadi sebagai pemanisnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin, Sehingga penyakit Flu bisa segera mereda.

2. Sebagai Antibiotik
Kondisi kesehatan tubuh yang melemah akan menyebabkan datangnya penyakit yang mudah menyerang tubuh. Oleh sebab itu, Kandungan Antibiotik pada daun Jeruk Purut akan membantu dalam mengatasi kondisi tubuh / fisik yang melemah, serta membantu menangkal bakteri jahat dan virus yang menyerang tubuh.
Cara menerapkannya, Anda bisa langsung mengonsumsi daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan. Atau bisa juga dengan merebus daun Jeruk Purut untuk diminum air rebusannya. Dengan begitu, Tubuh anda akan mendapatkan asupan Antibiotik alami, yang mana bisa membantu dalam menangkal bakteri / virus yang menyebabkan penyakit.

3. Mengatasi Stres
Selain sebagai penyedap masakan, Daun Jeruk Purut juga dapat membantu anda dalam mengatasi rasa stres. Hal demikian karena pada daun Jeruk Purut mengandung zat Tannin, yang mana senyawa alami tersebut sangat berperan dalam mengatasi rasa penat dan stres.
Cukup dengan menambahkan daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan, atau dengan meminum rebusan daun Jeruk Purut, Maka rasa penat atau stres yang Anda alami akan segera teratasi.

4. Menambah Stamina Tubuh
Kondisi stamina tubuh yang menurun, Akan sangat mengganggu aktivitas kerja anda. Nah, untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun, maka anda bisa memanfaatkan daun Jeruk Purut sebagai bahan alaminya.
Caranya juga cukup mudah, Yakni anda cukup merebus daun Jeruk Purut secukupnya saja. Kemudian saring dan tambahkan sedikit madu, Lalu minumlah ramuan tersebut saat masih hangat. Dengan begitu, kondisi stamina tubuh yang menurun akan bisa pulih kembali berkat ramuan daun Jeruk Purut tersebut.

5. Untuk Relaksasi
Kandungan minyak Atsiri yang terdapat pada daun Jeruk Purut, Mampu membuat tubuh menjadi rileks dan lebih nyaman. Seperti halnya daun Jeruk Purut juga bisa membantu dalam mengatasi stres.
(source : https://www.arbamedia.com/2016/01/manfaat-daun-jeruk-purut.html)


   2. Telur Puyuh / Quail Egg

Image result for gambar Telur Puyuh

Sejarah:
Telur puyuh adalah telur burung puyuh yang kerap menjadi bahan makanan di berbagai kalangan kuliner di dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika.

Dalam masakan Jepang, telur puyuh dapat mengeluarkan sayur atau masak sebagai bagian dari bahan tamago (telur) dalam sushi dan kerap ditemukan dalam masakan rantang bekal bento.
Perbandingan ukuran telur puyuh dengan telur ayam dan telur bebek. Telur puyuh adalah yang cerdas.

Di beberapa daerah, telur puyuh Biasa saja dan istilah menu eksotik. Di Kolombia, Ekuador dan Venezuela, telur puyuh rebus lazim menjadi tambahan pada hot dog dan hamburger. Di Filipina, kwek-kwek adalah jajanan jalanan yang terbuat dari telur puyuh yang direbus, tepung tepung, dan kemudian ditusuk sate dan kemudian digoreng. Di Indonesia, kemasan kecil telur puyuh lazim dijajakan oleh pedagang asongan bersama kacang dan jajanan lain sebagai kudapan. Sementara telur puyuh yang dibumbui dan ditusuk sebagai sate lazim disajikan sebagai makanan pendamping untuk soto dan bubur ayam. Di Vietnam, sekantung telur puyuh rebus lazim yang ditawarkan sebagai teman minum bir. [1] Di Korea Selatan, sekantung besar telur puyuh lazim dijual di pasar swalayan. Di Afrika Barat, seperti di Nigeria, suku timur (igbos) menyebut telur ini sebagai "
(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Telur_puyuh)

Kandungan gizi :
Jumlah Per
100 gram
Kalori (kkal) 158
Angka Lemak 11 g    
Lemak jenuh 3,6 g     
Lemak tak jenuh ganda 1.3 g 
Lemak tak jenuh tunggal 4.3 g          
Kolesterol 844 mg      
Natrium 141 mg         
Kalium 132 mg          
Luas Karbohidrat 0.4 g      
Serat pangan 0 g        
Gula 0,4 g      
Protein 13 g    
Vitamin A        543 IU Vitamin C        0 mg
Kalsium            64 mg   Zat besi            3,7 mg
Vitamin D        55 IU    Vitamin B6      0,2 mg
Vitamin B12    1,6 µg   Magnesium       13 mg
(sumber: https://www.google.com/search?q=telur+puyuh&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)

Fungsi:
1.      Untuk Membantu Perkembangan Janin
Di masa kehamilan, tentu bagi para ibu akan menginginkan kondisi janin yang telah dikandung dalam kondisi sehat bukan….?.Nah, dengan mengonsumsi telur puyuh yang dikenal sebagai Kolin ini, nantinya akan mendukung perkembangan otak pada janin. Bahkan jika asupan Kolin bisa terpenuhi dengan kadar yang cukup, maka halises akan dapat mengurangi efek kematian pada sel janin. Alhasil, kemungkinan lahir cacat akan bisa diminimalisir.

Jika ada, gunakan untuk menambah asupan Kolin ini bisa dilakukan sejak bayi 20 atau 25 minggu, sampai pada tanggal bayi menyusui.

2.      Menguatkan fungsi Otak
Selain telur puyuh baik untuk memperkuat memori otak dalam kandungan, Nutrisi Kolin yang tersedia pada telur puyuh juga dapat mempertahankan fungsi otak bagi setiap orang di produktif. Dimana fungsi otak akan dapat terprogram dengan baik, Otak otakpun akan dapat tetap bekerja dengan sehat dan maksimal.

3.      Menjadi Sumber Protein Terbaik
Jika dibandingkan dengan telur ayam dan bebek, Telur puyuh yang nampak mungil ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu 13,5 gram protein.Bahkan daya cerna pada protein telur puyuh juga tinggi, maka akan dapat diserap tubuh secara maksimal. Oleh karena itu mungkin Anda mengonsumsi telur enak ini.

4. meningkatkan      Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang ada pada telur puyuh,  juga bisa untuk mempertahankan dan meningkatkan daya imunitas tubuh. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi telur puyuh ini sebanyak 3 hingga 5 butir telur di pagi hari. Dengan demikian sistem kekebalan dan dapat berkembang secara efektif.

5.      Mencegah Gangguan Saluran Pencernaan
Agar tidak ada masalah, Anda bisa mengonsumsi telur puyuh ini secara rutin.Selain itu, Telur puyuh juga dapat meningkatkan kinerja sistem saraf pada tubuh.
(sumber: https://www.arbamedia.com/2015/12/manfaat-telur-puyuh.html)


   3. Mirin

Image result for gambar Mirin

Sejarah:
Asal-usulnya mirin adalah minuman keras mahal dengan rasa manis yang sering diminum pada zaman Edo sebelum orang Jepang meminum semacam sake seperti yang diminum sekarang ini.

Ada beberapa pendapat tentang asal usul mirin yang semuanya tidak dapat dibuktikan kebenarannya:

    Mirin berasal dari minuman keras dengan rasa manis asal Tiongkok yang disebut meirin yang diperkenalkan di Jepang pada zaman Sengoku.
    Mirin sudah ada sejak dulu di Jepang, asalnya dari sake berasa manis yang ditambah minuman keras hasil fermentasi yang disebut shōchū kencan tidak lekas busuk.

Penggunaan kata mirin pertama kali ditemukan dalam buku catatan harian Komai-nikki yang ditulis pada tahun 1593, sementara cara membuat mirin ditemukan dalam Honchō shokkan yang ditulis pada tahun 1695.

Penggunaan mirin sebagai saus makanan yang dipanggang (kabayaki) baru sejak awal abad Edo.
(sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mirin)

Kandungan gizi :
167 kJ)
% Nilai Harian 1
0g
0%
0g
0%
0g

0mg
0%
Sodium
15mg
<1%
10g
3%
9g

0g


(sumber: https://www.calorieking.com/foods/calories-in-sauces-kotterin-mirin_f-ZmlkPTE3NTk4Nw.html)

Fungsi:
Pada masakan, Anda dapat menikmati bau amis daging atau ikan dan menambah rasa manis serta aroma harum pada masakan.Selain itu, mirin juga biasa digunakan dalam pembuatan saus kabayaki, soba soba, saus tentsuyu, dan saus teriyaki. Mirin sering dicampurkan ke dalam rebusan sayur atau daging. Bagi Anda yang muslim, tidak disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung mirin ya, karena bahan ini tergolong nonhalal.
(sumber: https://resepkoki.id/2017/07/20/6-bumbu-wajib-khas-jepang/)


Wassalamualaikum wr wb. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik