Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

Food Terminologi

Assalamualaikum wr wb.

1. Roti Pawa

 

Roti Pawa merupakan makanan khas Sulawesi Selatan. Roti ini berbentuk bulat pipih dengan warna kuning gading. Terbuat dari olahan terigu dan tepung beras. Uniknya, kamu akan dikejutkan dengan kehadiran kacang halus bercampur gula merah dan gula pasir di balik daging rotinya. Berikut bahan dan cara membuatnya
 
Bahan -bahan :
  • 1 biji kelapa parut
  • 200 gr gula merah, parut
  • Bahan Adonan:
  • 50 gr gula pasir
  • 4 sdm ragi
  • 1 kg terigu
  • 4 sdm mentega
  • 550 cc Air
Cara Membuat :
  1. Sangrai kelapa parut dengan parutan gula merah (untuk isian).
  2. Adonan : rendam ragi dalam air sebanyak 550 cc air. Dan masukkan gula pasir kedalam air ragi.
  3. Masukkan air ragi tadi. Campur adonan hingga kalis. Diamkan adonan hingga mengembang selama 30 menit.
  4. Bentuk bulat adonan dan masukkan isiannya. Beri alas kertas roti di setiap bulatan roti agar tidak menempel. diamkan bulatan adonan selama 20 menit hingga bulatan adonan mengembang.
  5. Panaskan kukusan selama 10 menit, lalu kukus kue pawa' tersebut selama 20 menit
  6. Setelah 20 men it angkat Dan siap dihidangkan.  


Sumber : https://cookpad.com/id/resep/674441-kue-pawa-khas-sulawesi-selatan


2. Pancake
Image result for pancake recipe

pancake merupakan resep makanan yang sudah ada sejak lama, asal mula pancake bahkan dimulai pada saat kehidupan masyarakat Romawi Kuno. Kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia (makanan manis) kombinasi dari susu, tepung, dan bumbu. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang dengan wajan ceper, lalu ditambahkan dengan sirup buah dan madu. 

Nama pancake semakin populer di kancah Eropa sejak tahun 1430-an. Pancake menjadi makanan khas warga Timur Eropa. Di sana, pancake kerap kali dijadikan menu khas yang dikenal dengan sebutan Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah.

Seiring dengan perkembangan jaman, pancake diadopsi di berbagai Negara. Di Perancis, pancake-nya ada yang berbentuk tipis dan crispy yang disebut crepes dan galettes yang lebih tebal dan mengembang seperti bentuk roti. Sementara itu, di Jerman pancake memiliki bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang (pfannkuchen). 

Di Irlandia, pancake memiliki tekstur padat dan terbuat dari kentang yang dikenal dengan sebutan boxtry. Skotlandia juga tidak ketinggalan dengan pancake drop scones-nya. Di Amerika, pancakenya dikenal dengan nama nokehick yang terbuat dari adonan lembut yang dibuat dengan tangan berbahan dasar jagung. 

Kue dadar ini memang disajikan dengan berbagai penyajian dan rasa. Meskipun penyajiannya berbeda di setiap Negara, tetapi pancake tetap memiliki penggemar tersendiri dan perkembangan resepnya selalu meningkat setiap masa.


Bahan-bahan


  1. 100 gram Tepung Terigu
  2. 2 sendok makan Gula Pasir
  3. secukupnya Garam
  4. 1 sendok teh Baking Powder
  5. 1 butir Telur Ayam
  6. 100 ml Susu Cair Sapi
  7. 30 gram Mentega

Langkah


  • Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata. Tuang 
  • campuran telur dan susu cair. Aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut.
  • Masukan mentega cair. Aduk rata.
  • Olesi teflon dengan sedikit mentega dan panaskan diatas kompor. Kemudian tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam teflon
  • Masak pancake sampai adonan di bagian dalam tef;on berwarna kuning keemasan atau kuning kecoklatan. Tandanya, kita akan melihat bentuk gelembung diatas adonan, maka adonan harus dibalik secara perlahan. maasak sebentar dan angkat.

3. Dim Sum 
Image result for dim sum

Dimsum merupakan makanan tradisional China yang tidak asing lagi di telinga kita. Makanan ini ternyata hadir sejak zaman Dinasti Han (206 SM –  220) loh, yang berarti saat ini usianya sudah ribuan tahun. Dimsum terbagi menjadi dua, yaitu dimsum goreng dan kukus. Untuk yang kukus biasanya disajikan dalam wadah bambu, dengan tujuan agar tetap hangat saat disantap.

Dim Sum merupakan istilah dari Bahasa Kantonis yang memiliki arti 'makanan kecil', sedangkan dalam Bahasa Mandarin disebut Dianxin yang secara harafiah berarti 'sedikit dari hati' atau 'menyentuh hatimu'. Sesuai dengan porsi per sajian yang kecil dan jumlahnya memang tidak banyak, hanya sekitar tiga hingga empat buah dalam satu piring atau wadah kukusan bambu.


Bahan:
  • 24 lembar kulit pangsit
  • 50 gram udang kupas
  • 150 gram daging ayam
  • 50 gram jamur kuping
  • 1 batang daun bawang perai
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • merica secukupnya
  • buah wortel
Cara membuat dimsum siomay ayam udang (siewmai):
  1. Cincang halus udang kupas dan daging ayam. Rajang kasar jamur kuping, kemudian rajang halus daun bawang.
  2. Campur udang, daging ayam, daun bawang, dan jamur kuping. Kemudian bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica.
  3. Tambahkan tepung kanji pada adonan siomay, kemudian uleni.
  4. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan udang ayam, kemudian satukan ujung-ujungnya. Usahakan agar kulit siomay penuh dengan adonan isi, tetapi tidak sampai meluber. Hias bagian atasnya dengan wortel yang sudah diparut.
  5. Panaskan panci kukusan di atas kompor, kemudian alasi sarangan dengan daun pisang. Kukus siomay selama 15 menit.
  6. Sajikan somay dengan saus sambal botol, sambal bangkok, atau sambal kacang.



Wassalamualaikum wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik