Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

Food Terminologi

Assalamualaikum wr wb.

1. Roti Jala 

Image result for roti jala

Makanan yang berbentuk jala atau jaring ini sering disebut dengan roti jala atau roti kirai. Kuliner ini paling enak disantap bersama kuah kari kambing, kari ayam, atau kari daging sapi. Roti jala dengan kuah kari sangat populer sebagai menu makanan Melayu dan India bahkan timur tengah. Di Indonesia sendiri cukup dikenal dengan roti jala khas Riau, Melayu Sumatera Utara dan sangat banyak variasi dan berbentuk unik. Walaupun makanan ini kita kenal makanan khas dari Tanjung pinang, Riau. Makanan ini berasal dari daerah timur tengah atau lebih tepatnya India.
Roti Jala juga hampir mirip seperti pancake atau crepes yang sangat populer selama bulan puasa Ramadhan dan juga sangat populer sebagai camilan teh sore. Membuat roti jala adalah latihan yang sangat menyenangkan karena cetakan nya benar-benar mudah untuk digunakan. Makanan ini memiliki banyak variasi sehingga begitu menarik dan tidak membosankan.
Terdapat banyak kreasi dalam cara membuat roti jala yang mudah dan sederhana di antaranya adalah penggunaan bahan utama telur dan susu sebagai alternatif santan atau dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk menambah cita rasa. Begitu juga dengan variasi hidangannya bisa dengan kuah durian atau disuguhkan bersama saus coklat dan lain sebagainya.


Bahan-bahan

  1. 3 gelas belimbing tepung terigu
  2. 3 gelas belimbing air putih
  3. 1 butir telur
  4. 1 sdt garam
  5. 2 sdm minyak goreng

Langkah

  • Blender / mixer semua bahan hingga halus dan tidak ada yg bergerindil.
  • Panaskan teflon, lalu tuang adonan menggunakan cetakan roti jala / botol kecap plastik yg berlubang 3
  • Bentuk putar² seperti jala. Tunggu hingga adonan mudah dilepas dan tidak lengket.
  • Angkat, lalu gulung seperti amplop. Lakukan hingga adonan habis.
  • Sajikan dengan kuah kari 



2. Waffle 

Image result for waffle

Waffle merupakan jenis makanan yang sudah sangat populer di benua Eropa dan sekitarnya. Dan kini waffle pun sudah semakin dikenal di Indonesia dan menjadi salah satu kudapan favorit hingga maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan restoran. Salah satu jenis waffle yang sangat terkenal adalah kue waffle yang berasal dari negara Belgia dengan nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya. 
Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukanlah masakan khas tanah air, namun menu ini sangat banyak dijumpai di rumah makan yang ada di Indonesia. Kudapan satu ini memang memiliki bentuk yang khas, yakni membuatnya pun dengan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dengan alat cetak roti lainnya. Akan tetapi untuk pembuatan adonan roti waffle sangat mudah dibuat, kamu bisa dengan mudah untuk membuatnya. 

Waffle memang sangat cocok disajikan untuk makan pagi, kebanyakan waffle disajikan dengan topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai keinginan, waffle juga biasa dihidangkan bersamaan dengan kopi. Selain itu, bagi sebagian orang lebih memilih menikmati waffle sebagai dessert.

Macam-macam Roti waffle:


a. American Waffles.

Kudapan ini biasanya memiliki tekstur yang lebih tipis dengan ukuran yang padat. Meskipun mempunyai ukuran padat, America waffles tetap mudah diiris seperti roti pancake. 

b. Waffle Belgia.

Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang. Sesungguhnya jika dilihat dari sejarahnya, pada dasarnya Waffle Belgia hanya ditaburi gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping pada jenis waffle Belgia ini bisa dikatakan telah merubah keotentikannya. 

c. The Liège waffles.

Resep The Liège waffles dibuat dari bahan roti Brrioche yang memiliki cita rasa manis. Itulah yang menjadikan the liege waffles terasa padat dan manis di mulut. 

d. Hong Kong waffles.

Di Hong Kong, kue waffle biasanya dijajakan oleh pedagang. Masyarakat di sana terbiasa menyantapnya selagi kondisi hangat. Hong Kong Waffles memiliki tekstur bulat-bulat seperti roti cubit. Pedagang waffle di negara ini biasanya menaburkan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle setelah itu barulah dilipat menjadi satu. 

e. Scandinavian waffles.

Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk seperti hati. Setelah itu di atas Scandinavian waffle ditaburkan gula, buah stoberi, selai, dan berbagai jenis buah. 

f. Stroopwafels.

Waffle Belanda ini merupakan kue waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur. Stroopwafels adalah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama saat masih dalam proses pemanggangan. Kemudian waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle. 

Bahan cara membuat waffle:

- 250 gram tepung terigu
- 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu
- 2 gelas susu cair
- ½ sdm garam halus
- 3 butir kuning telur ayam
- 3 butir putih telur ayam- 2 sdm gula pasir putih
- 4 sdt baking powder siap pakai
- Vanila powder, sesuai kebutuhan

Cara membuat waffle tanpa cetakan:
1. Sediakan dua wadah yang berbeda untuk tempat mencampurkan bahan adonan, masukkan tepung, gula pasir, garam, vanila powder, dan baking powder di wadah pertama, kemudian aduk hingga tercampur semua.
2. Selanjutnya masukkan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, selanjutnya aduk sampai merata.
3. Kemudian larutkan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur secara rata.
4. Masukkan putih telur ke dalam mesin mixer sampai berubah warna menjadi putih seperti warna busa sabun.
5. Pindahkan hasil mixeran putih telur ke dalam wadah pertama, dan kocok lagi sampai tercampur dengan rata.6. Panaskan teflon sembari mengolesi semua bagian dalam dengan margarin.
7. Masukan adonan waffle secukupnya ke dalam teflon dan tutup rapat.
8. Setelah itu tunggu hingga waffle matang, angkat dan hiasi semua bagian atasnya dengan beraneka jenis toping sesuai dengan selera anda.
9. Kemudian waffle lezat renyah siap untuk disajikan.
10. Terakhir oleskan madu, sirup mafel, es krim, selai stroberi, dan lain sebagainya sesuai selera.

3. Seblak

Image result for seblak

Seblak adalah makanan indonesia, umumnya adalah makan khas dari Sunda Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam. boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat. Seblak kini menjadi makanan jalanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Cara Membuat Seblak:

Bahan:

  1. Kerupuk kanji mentah 50 g
  2. Telur ayam 1 butir. Kocok
  3. Daun bawang 1 batang. Iris halus
  4. Seledri 1 batang. Iris halus
  5. Garam sdt
  6. Penyedap rasa sdt
  7. Kecap manis 1 sdm
  8. Cabe rawit 3 buah
  9. Bawang merah 2 siung
  10. Bawang putih 1 siung
  11. Kencur 2 ruas jari
Cara membuat :
  1. Rendam kerupuk pada air panas hingga mengembang lalu tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling lengket.
  2. Ulek Cabe, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga halus.
  3. Tumis bumbu hingga aromanya tercium wangi.
  4. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri. Aduk rata.
  5. Masukkan kerupuk. Aduk rata.
  6. Tambahkan telur yang telah dikocok tadi, aduk agar menjadi telur orak-arik.
  7. Beri sedikit air (2 sdm) lalu tambahkan garam dan penyedap rasa.
  8. Aduk hingga air berkurang atau hampir menguap baru kemudian tambahkan kecap manis. Aduk hingga air habis.
  9. Tuangkan seblak yang telah jadi pada piring saji.
  10. Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng di atasnya.
sumber : https://www.google.com/search?q=seblak+adalah&rlz=1C1CHBF_enID838ID838&oq=seblak+adalah&aqs=chrome..69i57j0l5.4168j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8


Wassalamualaikum wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik