Langsung ke konten utama

Visit Local Marker #7

Nama pasar              : Pasar Butta Salewangan Maros Alamat.                :  Unnamed Road, Pettuadae, Kec. Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90516 Data kunjungan : "Daftar harga dairy produk di pasar  Butta Salewangan Maros " NO. ITEM QUANTITY UNIT PRICE 1 Sagu 1 Kg 20.000 2 Ayam 1 Kg 23.000 3 Udang 500 g 13.000 4 Daging Kambing 1 Kg 30.000 5 Kopi 1 Kg 15.000 6 Tahu 1 Kg 10.000 7 Tempe 1 Bks 5.000 8 Terigu 1 Kg 8.000 9 Sirup Marjan 1 Botol 13.000 10 Saos Sambal 1 Botol 7.000 11 Tauge 1 Kg 10.000 12 Merica 1 Bks 5.000 13 Kunyit Bubuk 300 g 9.000 14 Telur 1 Rak 42.000 15 Bihun 1 BKs 13.000 16 Mie Besar 1 Bks 15.000 17 Royko 1 Kg 11.000 18 Daun Pisang 1 Kg 7.000 19 Kentang 1 Kg 14.000 20 Buncis 1 Kg 12.000

Food Inggredients #3

1. Daun Pandan


Hasil gambar untuk gambar Daun Pandan

        Bentuknya panjang, ramping sering digunakan untuk mengharumkan masakan, minuman, dan kue. Selain itu, daun pandan merupakan salah satu sumber pewarna hijau alami. Penggunaan daun ini biasanya disobek-sobek, diikat, atau ditumbuk dan diambil airnya. Misalnya untuk pembuatan kolak, bubur kacang hijau, dan dawet. Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi ketombe, rambut rontok, reumatik, darah tinggi, selain itu daunpandan juga dapat menambah nafsu makan.

Kandungan     Kandungan per 100 g
Calories           24
Total Fat          0 g
Saturated         0 g
Polyunsaturated          0 g
Monounsaturated        0 g
Trans   0 g
Cholesterol      0 mg
Sodium            0 mg
Potassium        0 mg
Total Carbs      6 g
Dietary Fiber   0 g
Sugars 0 g
Protein 35 g
Vitamin C       0,00%
Vitamin A       0,00%
Iron     0,00%
Calcium           0,00%

*Percent Daily Values are based on a 2000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs. 
Beberapa manfaat dari daunnpandan yang menyehatkan dan baik dalam tubuh’yaitu ;

1.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

     Jika anda mendapati tanda-tanda gejala hipertensi, sebaiknya segera diatasi. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal

2. Menurunkan Kolesterol

   Selain menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Meringankan gejala rematik

   Ambilah daun pandan yaang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian cuci dan iris kecil-kecil. Siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan dan sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian setelah dingin dapat digunakan sebagai minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

4. Sebagai obat penenang

     Jika kesulitan tidur, anda bisa memanfaatkan daun pandan. Kandungan zat taninnya memberikan efek ketenangan seperti pada manfaat coklat, sehingga dapat membantu cepat tidur. Caranya, ambillah daun pandan sebanyak dua lembar, cuci dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas, kemudian saring. Tunggulah hingga dingin dan minumlah sekaligus.

5. Menambah Nafsu Makan

    Untuk mengembalikan nafsu makan, Anda bisa membuat teh rebusan daun pandan wangi. Caranya, rebus daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun pandan ke dalam sebuah gelas, lalu tambahkan madu atau gula secukupnya. Teh pandan hangat yang nikmat akan segera mengembalikan selera makan Anda. Selain menambah nafsu makan, wangi dari teh rebusan daun pandan sangatlah menggoda.

6. Mengobati Panu

     Tidak hanya mengganggu penampilan, panu juga bisa membuat tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan. Untuk mengatasi panu, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan daun pandan. Setelah itu, peras airnya, lalu beri garam secukupnya. Minum satu kali sehari selama tiga hari.

7. Menurunkan Demam

     Demam bisa menyerang siapa saja, orang dewasa hingga anak-anak. Demam biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Orang yang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk menurunkan demam, Anda bisa meminum air seduhan daun pandan. Setelah itu, panas tubuh Anda akan segera turun dengan perlahan.

8. Mencegah Kanker

     Tanpa kita sadari, sembarangan mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan tubuh menyimpan racun-racun berbahaya. Meminum teh daun pandan bisa membantu tubuh mengeluarkan racun-racun itu. Selain itu, teh pandan wangi juga ampuh menghambat zat karsinogen yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

9. Mengatasi sembelit

      Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya.Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan.Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

10. Mengatasi Kram perut

       Masalah perut seperti kram bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus atau teh pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

11. Menetralkan racun

     Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Tak cuma menetralkan tapi membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.



2. Daun Mangkokan

Hasil gambar untuk gambar Daun Mangkokan

Bentuknya bulat, tetapi bagian sisinya sedikit naik membentuk mangkuk. Aromanya segar untuk memberi kesegaran pada masakan dan mengilangkan bau amis. Penggunaan daun ini dengan diiris lalu dimasukkan ke dalam masakan. Misal dalam pembuatan gulai otak Padang.
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman ini antara lain, alkaloid, saponin, plafonoid, polifenol, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin A, B1 dan C. Selain berperan sebagai bumbu dalam masakan, daun mangkokan juga berperan dalam bidang kesehatan, seperti dapat mengatasi luka luar, rambut rontok, dan susah buang air kecil.

Daun Mangkokan adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Daun Mangkokan mengandung energi sebesar 54 kilokalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 11,8 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 474 miligram, fosfor 49 miligram, dan zat besi 4 miligram.  Selain itu di dalam Daun Mangkokan juga terkandung vitamin A sebanyak 5450 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 83 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Mangkokan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 80 %.


Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Daun Mangkokan :

Nama Bahan Makanan : Daun Mangkokan
Nama Lain / Alternatif : - 
Banyaknya Daun Mangkokan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Mangkokan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 80 %
Jumlah Kandungan Energi Daun Mangkokan = 54 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daun Mangkokan = 3,7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daun Mangkokan = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Mangkokan = 11,8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daun Mangkokan = 474 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daun Mangkokan = 49 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Mangkokan = 4 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Mangkokan = 5450 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Mangkokan = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Mangkokan = 83 mg
Khasiat / Manfaat Daun Mangkokan : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : D
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
Jika selama ini Anda masih belum tahu khasiat yang tersembunyi dari tanaman mangkokan, maka simak informasinya berikut ini :
Mencegah anemia

Jika Anda mengalami beberapa gejala anemia, seperti : badan mudah lelah, lemas, letih, pusing/mau pingsan. Maka segera konsumsi olahan daun mangkokan karena mengandung zat besi tinggi yang ampuh mencegah anemia.


Ternyata dari tanaman yang sering diremehkan sebagai tanaman pagar ini, Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Melancarkan sistem pencernaan
Daun mangkokan bisa dijadikan lalapan, ditumis, atau dicampurkan pada sayur urap-urap. Dalam daun mangkokan terkandung serat yang tinggi sehingga ampuh membantu lancarkan system pencernaan.

Mengeringkan luka dengan cepat
Daun mangkokan berkhasiat menyembuhkan bengkak serta mempercepat penyembuhan luka. Caranya cukup bersihkan luka, kemudian lumat daun mangkokan dan tempelkan pada luka.

Radang pada payudara (bengkak)
Ketika Anda menyapih bayi, biasanya akan mengalami bengkak atau radang pada payudara. Nah, daun mangkokan ini bisa dijadikan untuk mengompres payudara karena kandungan anti inflamasi yang ada didalamnya. Caranya cukup remas daun mangkokan dnegan minyak kelapa, kemudian tapelkan atau kompreskan pada payudara.

Rambut rontok
Daun mangkokan yang sudah tua ampuh mencegah rambut rontok serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Caranya cukup tumbuk daun mangkokan, kemudian peras dan campurkan minyak kelapa. Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, bungkus dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.





3. Cengkeh (cloves)


Hasil gambar untuk gambar Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia dan merupakan flora identitas provinsi Maluku Utara, karena dari zaman dahulu tanaman cengkeh lebih banyak tumbuh dan dibudidayakan didaerah ini. Cengkeh merupakan bahan penyedap yang menghasilkan rasa yang hangat dan aroma yang wangi, dapat digunakan dalam keadaan utuh/bubuk. Cengkeh selain mengandung minyak atsiri, juga mengandung senyawa eugenol, asama olenolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin, dan gom.

     Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. 
            Minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi sebagai anastetik dan antimikroba. Minyak cengkeh dapat diguna untuk menghilangkan bau napas dan menghilangkan sakit gigi. Zat eugenol digunakan dokter gigi untuk menenangkan syaraf gigi. Manfaat cengkeh yang lain mengatasi gangguan pencernaan, muntah karena lambung dingin, sakit perut, mual, sakit di dada dan perut, sakit gigi, batuk, masuk angin, penghangat badan, perut mulas sewaktu haid, rematik, dan pegal linu. Contoh masakan yang menggunakan cengkeh diantaranya adalah gulai balak (lampung), kari bebek, selain itu cengkeh juga dapat digunakan sebagai garnish kue kering.

( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Cengkih ).
Kandungan Gizi Cengkeh/Cengkih

Nama Bahan Makanan : Cengkeh Kering
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Cengkeh Kering yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Cengkeh Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Cengkeh Kering = 292 kkal
Jumlah Kandungan Protein Cengkeh Kering = 5,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Cengkeh Kering = 8,9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Cengkeh Kering = 57,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Cengkeh Kering = 740 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Cengkeh Kering = 100 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Cengkeh Kering = 5 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Cengkeh Kering = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Cengkeh Kering = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Cengkeh Kering = 0 mg
Khasiat / Manfaat Cengkeh Kering : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : C
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Manfaat dan Khasiat Cengkeh

Antibakteri dan Anti Jamur
Cengkeh secara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

Analgesik
Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Perangsang S3ksu4l
secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan sahwat. sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ej4kul4s! dini.

Ramah di Perut
Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

Baik Untuk Jantung
secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.

Melawan Kanker
Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

Mencegah Inflamasi (Radang)
Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

Pengusir Nyamuk
Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

Cara Membuat Ramuan Tradisional dari Bahan Cengkeh

Menghitamkan Alis Mata
Cara membuat dan Menggunakan :

5-7 biji bunga cengkeh kering dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak kemiri secukupnya. Oleskan pada alis mata setiap sore hari.

Mengobati Campak
Cara membuat dan Menggunakan :

10 Biji bunga cengkeh direndam air masak semalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum sedikit demi sedikit secara teratur.

Menambah Denyut Jantung
Cara membuat dan Menggunakan :

Bunga cengkeh yang sudah kering, dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.

Mengatasi Sakit Gigi
Cara membuat dan Menggunakan :

Gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

Menghilangkan Bau Mulut
Cara membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. Kemudian, disaring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.

Mengatasi Sinusitis

Cara membuat dan Menggunakan :
Cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupnya.

Sebagai Obat Mual
Cara membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari, setiap kali minum sebanyak 100 cc.

Mengatasi Membung
Cara Membuat dan Menggunakan :

10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh. Atau, 5 sampai 10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengna kertas aluminium foil lalu dibakar hingga matang. setelah matang, cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.

Obat Masuk Angin
Cara membuat dan Menggunakan :

10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Obat Sakit Kepala
Cara membuat dan Menggunakan :

5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum.
Mengatasi Radang Lambung

Cara membuat dan Menggunakan :  
5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum.
Obat Batuk

Cara membuat dan Menggunakan :
10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Local Food

Assalamualaikum wr wb.     1. Gogoso Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado.  Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper.  Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian.  Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi.  Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran.  Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar.  Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pas

Food Inggredients

Assalamualaikum... 1. GULA Gula  adalah suatu  karbohidrat  sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk  kristal   sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah  rasa menjadi  manis  dan keadaan makanan atau  minuman . Gula sederhana, seperti  glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau  hidrolisis  asam), menyimpan  energi  yang akan digunakan oleh  sel . SEJARAH Sumber gula di Indonesia sejak masa lampau adalah cairan  bunga  ( nira )  kelapa  atau  enau , serta cairan batang tebu. Tebu adalah tumbuhan asli dari  Nusantara , terutama di bagian timur.Ketika orang-orang  Belanda mulai membuka koloni di  Pulau Jawa  kebun-kebun tebu monokultur mulai dibuka oleh tuan- tuan tanah  pada abad ke-17, pertama di sekitar  Batavia , lalu berkembang ke arah timur. Kandungan Gizi Gula Jumlah Per 100 g Kalori (kcal) 386 Jumlah Lemak 0 g Lemak jenuh 0 g Lemak tak jenuh gand

TERMINOLOGI FOOD

Assalamualaikum... 1.  Pate Pate adalah campuran daging tanah yang dimasak dan lemak digiling menjadi pasta yang bisa disebarkan.   Tambahan umum meliputi sayuran, rempah-rempah, rempah-rempah, dan anggur atau brendi (sering cognac atau armagnac).   Pâté dapat disajikan baik panas atau dingin, namun dianggap untuk mengembangkan rasa kenyangnya setelah beberapa hari kedinginan. sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/P%C3%A2t%C3%A9    2. Clam Chowder       Clam Chowder adalah sup chowder power yang mengandung kerang dan kaldu, selain kerang, bahan yang umum termasuk kentang potong, bawang merah, dan seledri. sayuran lainnya biasanya tidak digunakan, tapi potongan wortel kecil atau hiasan patelseli kadang - kadang dapat ditambahkan terutama untuk warna. hiasan daun salam menambah warna dan rasa. Sumber : https://wikepedia.org/wiki/Clam_chowder&prev=sear 3. Bolognese   Saus bolognese (Inggris: / ˌbɒləneɪz, -nɛz /, US: / ˌboʊlənjeɪz /; [1] dik